Ketua Bidang Hukum LAI: Gakkum LHK Identifikasi Dugaan Penyerobotan Lahan di Aceh Tamiang

  • Bagikan

Foto : Ketua Bidang Hukum Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) Hidayatullah, Selasa 7 November 2023.

Jakarta, Asatu Online – Ketua Bidang Hukum Lembaga Aliansi Indonesia (LAI), Hidayatullah, mengungkapkan bahwa Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (GAKKUM – LHK) telah melakukan identifikasi pada Rabu, 3 November 2023, terkait dugaan penyerobotan lahan masyarakat di desa Harum Sari dan Wonosari, Kecamatan Aceh Tamiang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Hal ini terkait dengan surat yang telah disampaikan oleh Bidang Hukum Lembaga Aliansi Indonesia (BIDHUM – LAI).

Selain itu, pihak PT Sinar Kaloy Perkasa dan PT Mestika Prima Lestari Indah (MPLI) juga diduga melakukan perambahan hutan di kawasan Hutan Lindung Daerah Tangkapan Air (DTA) Bukit Titik Tamiang Hulu Aceh Tamiang, ungkap Hidayatullah kepada awak media pada Selasa (7/11/2023).

Hidayatullah menjelaskan bahwa Gakkum setelah melakukan identifikasi di lokasi tersebut, awalnya ada keraguan terkait titik koordinat, namun hal tersebut telah diluruskan dan terbukti adanya perambahan. Gakum Kementerian LHK juga telah memeriksa tiga orang masyarakat setempat yang didampingi oleh Ketua Bidang Hukum Lembaga Aliansi Indonesia.

Dia menegaskan bahwa Bidang Hukum Lembaga Aliansi Indonesia saat ini belum membuat aduan resmi kepada Gakkum LHK, mereka baru menyampaikan hasil temuan. Namun, dalam waktu dekat, Bidang Hukum Lembaga Aliansi Indonesia akan segera melaporkan tindak pidana yang diduga dilakukan oleh PT SKPI dan PT MPLI ke Direktorat Jenderal Tindak Pidana Tertentu di Mabes Polri.

Hidayat juga menekankan perlunya Gakkum LHK untuk segera mengambil tindakan pengosongan dan melarang aktivitas perusahaan PT Sinar Kaloy Perkasa dan PT Mestika Prima Lestari Indah (MPLI) karena diduga telah melanggar hukum.

Penulis : Wahyu

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *