Menhub Budi Karya Sumadi Groundbreaking Pembangunan LRT Rute Velodrome-Manggarai

  • Bagikan

Menhub Budi Karya Sumadi mewakili Presiden Jokowi  groundbreaking pembangunan LRT Fase 1B rute Velodrome-Manggarai, Senin (30/10/2023), di kawasan Velodrome, Jakarta Timur. (Foto: Humas Setkab)

Jakarta, Asatu Online – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mewakili Presiden Joko Widodo, melaksanakan upacara peletakan batu pertama dalam proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Fase 1B rute Velodrome-Manggarai pada Senin (30/10/2023) di kawasan Velodrome, Jakarta Timur.

Dalam acara tersebut, Menhub menyampaikan bahwa dimulainya proyek LRT Fase 1B Manggarai dengan menyatakan, “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirahim pada hari ini Groundbreaking Project LRT (Light Rail Transit) Fase 1B Manggarai secara resmi saya nyatakan dimulai.”

Menhub juga menghargai peran pemerintah daerah dalam memajukan transportasi massal perkotaan dan menyebut Jakarta sebagai contoh bagi kota-kota di Indonesia. Ia menyoroti pentingnya angkutan perkotaan dalam menekan kemacetan, menciptakan lapangan kerja, dan merangsang pertumbuhan ekonomi.

Menhub juga menggarisbawahi kebutuhan integrasi yang baik antara berbagai moda transportasi, termasuk MRT, LRT, KRL, dan Kereta Cepat, untuk memudahkan warga dalam berpindah-pindah antarmoda transportasi.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk beralih ke angkutan massal, mengingat manfaatnya terhadap lingkungan dan pengurangan kemacetan serta dampak finansial yang positif.

Sementara itu Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas dimulainya pembangunan LRT Fase 1B.

“Kita menekankan pentingnya kemudahan dan kenyamanan dalam transportasi publik untuk mendorong masyarakat menggunakan layanan tersebut,” terang Pj Gub DKI Jakarta.

LRT Jakarta Fase 1B akan memiliki jalur sepanjang 6,4 kilometer dengan lima stasiun, yang akan menjadi bagian dari jaringan LRT yang lebih besar di Jakarta. Proyek ini diharapkan selesai pada September 2024 dengan perpanjangan jalur hingga Manggarai yang ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Penulis : Budi

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *