Menpora Dito Harap Rakornas Tahun 2023 Menjadi Gebrakan untuk Membangun Olahraga, Olahrasa, dan Olahkarya

  • Bagikan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 menjadi sarana konsolidasi dan optimalisasi pelayanan kepemudaan dan keolahragaan di Indonesia. (Foto : asatuonline.id)

Jakarta, Asatu Online – Menpora Republik Indonesia Dito Ariotedjo telah mengungkapkan harapannya agar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 menjadi titik awal yang menginspirasi dalam pembangunan olahraga, olahrasa, dan olahkarya bangsa Indonesia.

Dalam kunjungannya untuk memeriksa persiapan Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 di Jakarta Internasional Velodrome pada Kamis (7/9) malam, Menpora Dito dengan tegas menyatakan, “Saya berharap momentum ini dapat memicu semangat gotong royong dalam memajukan olahraga, olahrasa, dan olahkarya di Indonesia.”

Menpora Dito juga menegaskan bahwa tujuan Rakornas yang pertama kali digelar ini adalah menciptakan pemuda yang kuat dan mengawal perkembangan keolahragaan Indonesia menuju kemajuan yang lebih tinggi.

Peserta Rakornas ini mencakup semua pemangku kepentingan di bidang Kepemudaan dan Keolahragaan di seluruh Indonesia.

Menpora Dito juga mengatakan, “Ini adalah Rakornas perdana dalam bidang pemuda dan olahraga, jadi kami berusaha menjadikannya sebagai gebrakan besar dengan tindak lanjut yang kuat di tingkat daerah. Saya juga mengundang semua pihak yang peduli tentang pemuda untuk bekerja sama baik dengan pemerintah pusat maupun daerah.”

Acara pembukaan Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 direncanakan akan diresmikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Muhadjir Effendy.

Rakornas ini memiliki tema yang kuat, yakni “Pemuda Tangguh, Olahraga Maju,” dan merupakan bagian penting dari perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023 yang selalu dirayakan pada tanggal 9 September setiap tahunnya.

Selama Rakornas, akan dibahas berbagai isu strategis, termasuk sosialisasi dan implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Rencana Aksi Daerah (RAD) pelayanan kepemudaan. Selain itu, isu-isu terkini mengenai perkembangan pembangunan kepemudaan dan keolahragaan juga akan menjadi topik diskusi.

Selama rangkaian acara pembukaan Rakornas, laporan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 akan diluncurkan, dan penghargaan akan diberikan kepada provinsi dengan IPP tertinggi.

Tak hanya itu, juga akan ada penandatanganan komitmen bersama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), serta Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Kemenpora RI juga akan melakukan penandatanganan komitmen bersama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terkait pelaksanaan Tridarma Ekakarma di Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan.

Untuk menambah daya tarik acara, akan ditampilkan video aplikasi “Kawal Pora,” sebuah aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk mengawasi dan mendukung bantuan yang diberikan oleh Kemenpora kepada organisasi keolahragaan. (mn)

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *