SMPN 255 Jakarta Juara 1 LCCSP 2023 Tingkat SMP se-DKI

  • Bagikan

Tim SMPN 255 Jakarta, Rizki Adhi Permana (tengah), Arkana Adis Pratama (kiri) dan Ismail Permata Yorsandhi (kanan) meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Sejarah dan Permuseuman (LCCSP) 2023 Tingkat SMP se-DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Asatu Online – SMPN 255 Jakarta berhasil meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum Sejarah dan Permuseuman (LCCSP) Tingkat SMP Tahun 2023 se-DKI Jakarta dalam final yang berlangsung di Museum Betawi, Situ Babakan, Jagakarsa Jakarta Selatan, Rabu (2/8/2023).

Trofi, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 25 juta kepada juara 1 secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta yang diwakili Linda Enriany.

Atas prestasi luar biasa tersebut, Tim SMPN 255 yang terdiri dari Rizki Adhi Permana, Arkana Adis Pratama, dan Ismail Permata Yorsandhi akan mewakili Provinsi DKI dalam LCCSP Tingkat Nasional pada Oktober 2023 mendatang.

Mereka tampil semangat menjawab sejumlah pertanyaan tentang sejarah dan permuseuman. SMPN 255 Jakarta meraih poin 2.800 dalam final LCCSP tersebut. Unggul dari SMP Labschool Jakarta yang menempati juara 2 dengan poin 1.800 dan SMPN 252 Jakarta 1.100 poin di peringkat 3.

Tri Rahmawati Erma Puspita Asri, Suwarti, dan Indriati, selaku guru pembimbing LCCSP SMPN 255 Jakarta menyatakan bersyukur ketiga anak didiknya berhasil meraih juara dalam lomba tingkat Provinsi DKI Jakarta tersebut.

“Alhamdulillah, kalian luar biasa anak-anakku. Melihat semangat kalian dalam belajar untuk persiapan LCCSP pada tahun ini, kami sejak awal yakin kalian dapat juara di tingkat Provinsi DKI Jakarta, dan akhirnya dapat terwujud pada hari ini,” kata Tri, guru senior yang mengajar mata pelajaran IPS.

Lomba cerdas cermat itu juga disaksikan oleh Wakil Kepala SMPN 255 bidang Kesiswaan, Arifin, didampingi para guru dan siswa-siswi kelas 8, dan mereka memberikan semangat kepada tim dalam final LCCSP. Sebelumnya, pada 2021, SMPN 255 juga meraih juara 1 LCCM tingkat Provinsi DKI.

Secara terpisah, Plt. Kepala SMPN 255 Jakarta, Heru Purnomo menyatakan bersyukur dan mengapresiasi raihan prestasi tim LCCSP 2023 di tingkat Provinsi DKI.

“Selamat untuk anak-anakku dan para guru pembimbing LCCSP 2023 yang luar biasa. Lanjutkan perjuangan untuk meraih prestasi di tingkat nasional,” kata Heru menyemangati.

Pada kesempatan yang sama, mewakili kedua rekannya, Arkana Adis Pratama mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya guru pembimbing dan tentunya kedua orangtua.

“Alhamdulillah perjuangan kami membuahkan hasil. Terima kasih untuk semuanya, para guru pembimbing yang luar biasa, orang tua kami tercinta. Kepada teman-teman dari SMP lain tetap semangat ya…. kalian juga luar biasa, ” tutur Arkana Adis Pratama didampingi Rizki Adhi Permana dan Ismail Permata Yorsandhi.

“255 Jaya, 255 Juara..! Kita harus lebih semangat lagi teman-teman untuk mengharumkan nama SMPN 255 di tingkat nasional,” sambung Rizki dan Ismail penuh semangat.

LCCSP 2023

LCCSP 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, berkolaborasi dengan Asosiasi Museum (AMI) DKI Jakarta “Paramita Jaya” diikuti sebanyak 27 tim dari SMP di lima wilayah DKI Jakarta.

Ketua AMI DKI Jakarta “Paramita Jaya”, Yiyok T. Herlambang, selaku Ketua Penanggung Jawab LCCSP 2023 mengapresiasi semangat para peserta dalam lomba cerdas cermat tentang sejarah dan permuseuman.

“Semangat peserta terlihat dalam raihan poin yang diperoleh. Ini luar biasa. Meski masih pelajar SMP, tapi sudah memahami tentang sejarah dan permuseuman. Selamat untuk para pemenang dari SMPN 255 Jakarta. Kalian harus juara lagi di tingkat nasional untuk membawa nama baik Provinsi DKI Jakarta,” katanya.

Pada babak penyisihan, Senin (31/7/2023), SMPN 255 unggul dari SMPN 103 dan SMP Cikal Amri Jakarta. Kemudian pada babak selanjutnya, Selasa (1/8/2023) menang melawan SMPN 9 Jakarta dan SMPN 77 Jakarta. (mn)

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *