Komunitas Jurnalis Depok Audensi Dinkes Terkait Lambatnya Input Data yang Rugikan Warga

  • Bagikan

Komunitas Jurnalis Depok berfoto bersama pihak Dinkes Kota Depok (Foto : adi Asatu Online) 

Depok, Asatu Online – Komunitas Jurnalis Depok (KJD) melakukan audensi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok sebagai tindak lanjut atas keluhan warga terkait pelayanan kesehatan yang kurang memuaskan. Pertemuan berlangsung di Gedung Baleka II, Jalan Margonda No.54, Pancoran Mas, Kota Depok, pada Kamis (4/4/2024).

Meskipun awalnya diagendakan bertemu dengan Kepala Dinkes Kota Depok, namun pertemuan diwakili oleh Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Dr. Agus Gojali, karena Kepala Dinkes, Dr. Mary Liziawati, berhalangan hadir karena kegiatan di luar kota.

Ketua Komunitas Jurnalis Depok, John Hutapea, didampingi oleh Arif bagian Advokasi KJD serta tim media, menyampaikan maksud dan tujuan audensi berdasarkan keterangan yang dihimpun dari kader kesehatan KJD yang membantu dalam penanganan kasus Aria Maulana Rizakdi (anak yatim) dan ibunya, Marlinawati, seorang Asisten Rumah Tangga (ART) warga Kampung Serab Rt.006/004, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.

Tim relawan kesehatan, yang diwakili oleh Furi, mengungkapkan bahwa masalah utamanya adalah lambatnya pihak Dinkes Kota Depok dalam menginput data pasien. Akibatnya, BPJS Kesehatan tidak dapat menerima klaim atas nama pasien, dan akhirnya pasien harus membayar tagihan tindakan dan perawatan RS. Simpangan Depok sebesar Rp. 2,6 juta.

Dalam audensi tersebut, Kabid Yankes Kota Depok, Dr. Agus Gojali, menyampaikan terima kasih atas informasi yang diberikan oleh rekan-rekan KJD yang bermanfaat bagi pelayanan kesehatan masyarakat. Dia menegaskan bahwa hasil dari audensi ini akan segera disampaikan kepada pimpinan untuk mengambil kebijakan yang terbaik demi pelayanan yang lebih baik di masa depan.

Dr. Agus berharap audensi ini dapat menjadi sinergi yang baik antara pemerintah daerah, khususnya Dinkes Kota Depok, dan awak media untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun Kota Depok yang lebih baik di masa depan. Dia juga menambahkan bahwa pihak Dinkes Kota telah menyelesaikan masalah tersebut dan biaya rumah sakit telah dilunasi. (adi)

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *