Lampu PJU Jembatan Kembar Baturusa Terang Benderang

  • Bagikan

Lampu PJU Jembatan Kembar Baturusa Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka sudah berfungsi (Foto : Asatu Online) 

Pangkalpinang, Asatu Online – Pengguna jalan yang melintasi ruas jalan Jembatan Kembar (jembatan baru) Baturusa, Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka tidak perlu merasa khawatir lagi. Pasalnya Lampu penerangan jalan umum (PJU) di Jembatan Kembar Baturusa itu sudah terang benerang (sudah berfungsi).

Hal tersebut disampaikan Ferry Sutimarjaya, MT Kepala Satker 1 Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Bangka Belitung menanggapi berita yang beredar “5 Tahun Lampu PJU Jembatan Kembar Baturusa Tidak Berfungsi”. Menurut Ferry, lampu PJU Jembatan Kembar Baturusa itu sudah diperbaiki oleh BPJN Bangka Belitung pada Rabu (1/11/2023). Walaupun itu bukan kewenangan dari BPJN Bangka Belitung.

“Lampu jalan tersebut kita beli secara swadaya oleh teman-teman PPK dari BPJN Bangka Belitung pada Kamis (1/11/23), saat ini sudah dipasang dan sudah berfungsi,” jelasnya, Rabu (8/11/2023) malam kepada Asatu Online.

Ferry mengakui, saat ini pengadaan lampu tersebut diluar kewenangan BPJN tetapi teman-teman PPK di BPJN secara swadaya mengadakan lampu jalan tenaga surya sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat.

“Lampu jalan di jembatan tersebut saat ini tidak masuk dalam penanganan BPJN, dikarenakan pada saat di bangun tahun 2019 lalu terdapat lampu jalan yang diadakan di dalam kontrak hanta menggunakan lampu tenaga surya dan ternyata rupanya lampu dan batere tersebut hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga itu sempat tidak ada penerangan lagi dan jembatan menjadi gelap,” terang Ferry.

Seharusnya, Ferry mengungkapkan, perbaikan lampu PJU Jembatan Kembar Baturusa itu adalah wewenang daerah.

“Memang harusnya tugas dinas penerangan lampu jalan daerah yang mengurusi hal tersebut, bukan BPJN, karena lampu tersebut tidak bisa dianggarkan melalui DIPA balai jalan,” pungkas Ferry

Jembatan Kembar Baturusa, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka tersebut dibangun bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN) tahun 2017 dan 2018, dengan pagu dana sebesar Rp 46.423.036.000 atau bernilai Rp 46 M lebih.

Penulis : Ilham

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *