Rutinitas Pemeriksaan Jentik Nyamuk oleh Petugas Jumantik

  • Bagikan

Petugas Jumantik dari Kelurahan Kali Bata Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan (Foto : Budi Asatu Online)

Jakarta, Asatu Online– Setiap Jumat, petugas jumantik dari Kelurahan Kali Bata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, melaksanakan kegiatan rutin untuk memeriksa keberadaan jentik nyamuk di bak penampungan air warga di RT. 10.

Petugas Juru Pemantau Jentik (Jumantik) merupakan individu sukarelawan yang berasal dari lingkungan sekitar dan memiliki tanggung jawab untuk memonitor jentik nyamuk DBD (Aedes Aegypti) di wilayahnya. Mereka juga rutin melaporkan hasil pemantauan secara berkala.

Salah satu petugas, Virda (45), bertugas sebagai petugas jumantik di RT. 10 Kelurahan Kalibata. Dengan semangat pengabdian yang luhur, Virda selalu berinteraksi dengan masyarakat di RT. 10.

“Kami menjalani pemeriksaan rumah ke rumah, memeriksa keberadaan jentik nyamuk, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang 3M (menguras, menutup, mengubur barang bekas),” kata Virda pada Jumat (27/10/23) di Kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Beberapa kegiatan yang mereka lakukan sebagai petugas Juru Pemantau Jentik meliputi:

Satu. Memeriksa tempat-tempat penampungan air dan daerah yang berpotensi tergenang air bersih untuk memastikan tidak ada jentik nyamuk, dan jika perlu, menggunakan larvasida seperti abate pada tempat yang sulit dikuras.

Dua. Membersihkan kain atau pakaian yang tergantung di dalam rumah.

Tiga. Memeriksa kolam renang dan kolam ikan untuk memastikan bebas dari jentik nyamuk.

Empat. Melakukan pemeriksaan rumah kosong atau tidak berpenghuni untuk mengecek keberadaan jentik.

Sementara itu Nunung (52), yang menjabat sebagai sekretaris Rukun Tangga (RT), merupakan salah satu yang aktif dalam kegiatan sosial dan selalu bersedia bertemu dengan warganya. Ia merasa senang bisa berinteraksi dengan masyarakat di wilayahnya,” tutup Mpok Nunung.

Penulis : Budi S

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *