Kementerian ESDM RI Resmikan dan Serah Terima PJU-TS di Kabupaten Bangka Bangka

  • Bagikan

Anggota DPR RI Komisi VII bersama Ditjen ESDM RI sewaktu meresmikan PJU – TS di Kab.Bangka , Senin 8 Agustus 2023 (Foto : Asatu Online)

Bangka, Asatu Online – Ditjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi bersama Anggota Komisi VII DPR-RI, Bapak Bambang Patijaya, S.E.,MM, melaksanakan acara Peresmian Dan Serah Terima Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) sebanyak 425 unit di desa Paya Benua Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah dilaksanakan pembangunannya pada Tahun Anggaran 2022. Selasa (8/8/2023).

Pemasangan PJU TS yang merupakan aspirasi Bapak Bambang Patijaya, S.E., MM tersebar di Kabupaten Bangka sebanyak 90 Unit, Bangka Tengah 90 unit, Belitung Timur 95 unit, Belitung 40 unit, Bangka Barat 40 unit, Bangka Selatan 40 unit, dan Kota Pangkal Pinang 30 unit.

Pada acara tersebut hadir Bambang Patijaya, S.E., MM, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi, Wakil Ketua DPRD Bangka Rendra Basri, Asisten 3 administrasi Umum Kabupaten Bangka Akhmad Muksin,S.H, Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bangka Wahyu Nurahman, Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bangka Barat Heru Warsito, Staf ahli bidang perekomian dan pembangunan Belitung Timur Marzuki, Asisten 3 administrasi umum Kabupaten Belitung Timur Haryoso,SH, Asisten Ekbang Bangka selatan Muhson, Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir.Erman Budiman Kepala Dinas Perhubungan Kab.Bangka chairil Anwar, S. , Kepala Dinas Perhubungan Belitung Timur Amirudin, Kepala Disperkimhub Bangka Tengah Fani Hendra Saputra, Tokoh Masyarakat, Kepala Desa dan masyarakat penerima manfaat PJUTS.

Program Pemasangan PJU-TS merupakan program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Komisi VII DPR-RI dengan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan pedesaan, utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN. Seiring dengan diterapkan nya tarif adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), maka pemasangan PJU Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan.

Pemasangan PJU Tenaga Surya juga juga merupakan wujud komitmen pemerintah untuk melakukan transisi ke arah energi yang lebih bersih, minim emisi dan ramah lingkungan. Kementerian ESDM sendiri telah menyusun roadmap transisi energi untuk mencapai Net Zero Emission tahun 2060 atau lebih cepat.

Program pemasangan PJU-TS merupakan perwujudan dari visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, khususnya misi poin ketiga disebutkan ‚ÄúPembangunan yang Merata dan Berkeadilan‚ÄĚ.

Pada tahun 2022 spesifikasi komponen 1 set PJU-TS terdiri atas:

1) 1 (satu) buah modul surya, 300 Wp

2) 1 (satu) buah lampu LED 40 W/24 V

3) 1 (satu) buah Baterai Li-FePO4 25,6V 40Ah + BMS dan box baterai

4) 1 (satu) buah Solar Charge Controller

5) Tiang, pondasi, kabel dan accessories PJU-TS

PJU-TS yang diberikan pada program ini memiliki jaminan pemeliharaan selama 2 (dua) tahun ditambah garansi sistem selama 3 (tiga) tahun sejak jaminan pemeliharaan berakhir, sehingga total 5 (lima) tahun jaminan perbaikan ditanggung oleh penyedia. Adapun garansi per komponen adalah sebagai berikut:

No. Komponen PJU-TS Masa Garansi

1. Modul Surya 20 tahun

2. Lampu LED 5 tahun

3. Baterai 5 tahun

4. Solar Charge Controller (SCC) 5 tahun

5. Garansi Sistem 5 tahun

Pada tahun 2022, total PJU-TS yang telah terbangun sebanyak 20.546 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 1.027 km, yang tersebar di wilayah Indonesia, dengan demikian program pemasangan PJU-TS yang telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2022 dengan total PJU-TS sejumlah 111.233 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 5.561 KM. (Gg)

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *