Implementasi Bahasa Inggris Di Kalangan Mahasiswa Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Dalam Program Pendidikan Berkualitas

  • Bagikan

Pangkalpinang, Asatu Online – Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling banyak memiliki kosa kata didunia, yaitu terdiri dari 600.000 kata. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa Internasional dan termasuk kedalam kategori bahasa yang sering didengar untuk berkomunikasi diberbagai negara di dunia. Selain itu, bahasa Inggris sering digunakan dalam proses penyampaian informasi dan pengetahuan saat berinteraksi dengan negara diluar Indonesia. Bahasa Inggris juga dijadikan sebagai bahasa pengantar dalam sosial media, maskapai penerbangan, aplikasi dan promosi pariwisata yang ada di Indonesia. Diera globalisasi saat ini, dimana segala informasi, pengetahuan, budaya, dan bidang lainnya yang begitu cepat masuk melalui perkembangan teknologi, bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang sangat krusial dan vital untuk dapat dipahami, dipelajari, dan dikuasai.

Bukan hanya itu saja, berbagai perguruan tinggi di Indonesia juga telah banyak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi di kelas ataupun bahasa pengantar di buku bidang studinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Inggris semakin penting dikalangan mahasiswa. Sebagian perguruan tinggi di Indonesia menuntut mahasiswanya untuk dapat menguasai keterampilan berbahasa Inggris dengan tujuan agar dapat bersaing dengan negara lain di dunia. Apalagi saat ini, telah banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris. Hal ini disampaikan oleh Presiden Student English Activity Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Omi Ongge dalam diskusi terbatas “Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris” di Kampus Terpadu UMY. Beliau mengatakan bahwa “Bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain merupakan bahasa internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain, terlebih saat ini banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan Bahasa Inggris. Sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris”.

Sebagai seorang mahasiswa, tentunya akan merugikan sekali jika tidak menguasai bahasa Inggris dengan baik. Mengingat, bahasa Inggris yang begitu sangat mengglobalnya saat ini. Namun, jika ditelusuri, penguasaan bahasa Inggris sangat minim sekali di kalangan mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya mahasiswa yang merasa enggan untuk mempelajari bahasa Inggris. Ada berbagai alasan dari mereka, seperti adanya rasa malas untuk belajar, merasa sulit untuk mempelajarinya, dan bahkan merasa malu ketika diminta untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Dari fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebabnya, yaitu berasal dari dalam diri sendiri, faktor lingkungan, dan kurangnya wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggrisnya. Fakta lain yang harus kita ketahui adalah mempelajari bahasa Inggris bukan hanya sekedar teori saja. Akan tetapi, bahasa Inggris harus dipraktikan secara langsung supaya kita dapat terbiasa dan fasih dalam mengucapkan kosa katanya.

Sebagai seorang mahasiswa, menguasai bahasa Inggris akan memberikan pengaruh positif dan berbagai manfaat tentunya. Pertama, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, bahasa Inggris telah menjadi bahasa pengantar baik dalam menggunakan website maupun sumber informasi lainnya. Hal ini dibuktikan dengan sebagian mahasiswa masih merasa kesulitan dalam menyerap berbagai informasi yang menggunakan bahasa Inggris. Pada situasi tersebut, informasi yang didapatkan tidak akan lengkap dan juga  media informasi yang dibutuhkan juga menjadi sangat sempit. Tentunya, akibat dari kurangnya pemahaman dan penguasaan mahasiswa dalam berbahasa inggris. Kedua, bahasa Inggris merupakan salah satu kunci utama bagi mahasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti pendidikan S2 ataupun S3 baik didalam negeri maupun diluar negeri. Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris banyak dijadikan sebagai bahasa resmi berbagai negara dibelahan dunia. Hal ini berdampak besar terhadap keinginan mahasiswa yang memiliki mimpi untuk berkesempatan melanjutkan pendidikan di negeri orang. Dengan begitu, jika kita dapat menguasai dan mempunyai kemampuan bahasa Inggris, maka hal itu akan mempermudah kita dalam mewujudkan mimpi tersebut. Tak hanya itu, dengan menguasai bahasa Inggris dengan baik akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar yang biasanya diadakan setiap tahun. Tentunya, mahasiswa juga akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa pembiayaan penuh dengan syaratnya, yaitu dibuktikan dengan nilai TOEFL yang tinggi. Ketiga, bahasa Inggris dapat menambah relasi dan jangkauan pertemanan bagi kita. Hal ini maksudnya kita dapat menambah relasi dengan mencari teman atau sahabat pena dari berbagai negara melalui media sosial. Dengan menguasai bahasa inggris, kita dapat dengan mudah dalam berkomunikasi dan bertukar pikiran satu sama lain serta menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.

Pentingnya peran bahasa Inggris, bukan hanya dalam dunia pendidikan perguruan tinggi yang dalam hal ini ditujukan bagi mahasiswa. Namun, bahasa Inggris juga memainkan peran penting dalam era Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGS). Mengutip dari laman https://sdgs.bappenass.go.id, agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan (the 2030 Agenda for Sustainable Development atau SDGs) adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. SDGs/TPB diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”. SDGs terdiri dari 17 tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian  Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015 lalu.

Salah satu tujuan dari pembangunan berkelanjutan yang memiliki peranan penting adalah program pendidikan berkualitas. Program ini bertujuan untuk menjamin adanya pemerataan pendidikan dan memastikan adanya pendidikan yang berkualitas, inklusif, serta penjaminan akses pendidikan yang sama bagi setiap golongan masyarakat, khususnya terhadap mahasiswa. Tak hanya itu, program dari pembangunan berkelanjutan ini juga bertujuan untuk menjamin generasi penerus bangsa, yang dalam hal ini merupakan mahasiswa agar mendapatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan yang diperlukan nantinya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan Indonesia. Pendidikan berkualitas dijadikan sebagai akar dari pembangunan berkelanjutan dan untuk mencapai kedudukan sebagai salah satu negara maju di dunia, sehingga pendidikan menjadi sesuatu yang sangat penting dan diprioritaskan untuk diberikan secara adil kepada seluruh masyarakat. Di sisi lain, kondisi pendidikan di Indonesia menjadi permasalahan yang cukup mengkhawatirkan. Mengutip dari laman www.bangsaku.web.id, terdapat 6 masalah pendidikan di Indonesia, diantaranya keterbatasan jumlah guru terampil, sarana dan prasarana tidak memadai, minim bahan pembelajaran, mahalnya dana pendidikan, mutu pendidikan rendah dan minoritas bagi kelompok difabel.

Dibalik berbagai permasalahan pendidikan di Indonesia tersebut, perlu adanya jalan keluar dalam upaya memperbaiki kualitas pendidikan dan mendukung program pembangunan berkelanjutan, yaitu pendidikan berkualitas. Dalam hal ini, peran besar mahasiswa sangat dipenting dan diperlukan. Mahasiswa sebagai Agent Of Change memiliki peran dalam menyongsong dunia pendidikan , menjadi pilar dalam pembangunan berkelanjutan, terutama pada program pendidikan berkualitas. Seperti yang kita ketahui, sebagai seorang mahasiswa, kita memiliki berbagai agenda, seperti program kampus mengajar, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) didesa, baik didesa yang terpencil, tertinggal, dan desa lainnya, serta berbagai program lain yang merupakan bukti dari kepedulian mahasiswa terhadap pendidikan Indonesia untuk menuju pembangunan berkelanjutan dan mendukung upaya menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Bagaimana implementasi kemampuan bahasa Inggris mahasiswa dalam mendukung pembangunan berkelanjutan? Mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan terhadap bahasa Inggris, dapat berperan aktif dalam mengadakan kegiatan pembelajaran eksklusif ataupun mengabdikan diri sebagai pengajar anak-anak yang putus sekolah, seperti anak-anak pengamen, anak-anak yang tinggal dikolong jembatan, dan anak-anak panti asuhan, serta masih banyak lagi. Dengan begitu, target pembangunan berkelanjutan pada program pendidikan berkualitas yang menjamin setiap anak baik laki-laki maupun perempuan untuk menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah tanpa dipungut biaya, setara, dan berkualitas.

Mahasiswa sebagai agen perubahan merupakan generasi yang akan menentukan kemana negara Indonesia di masa depan. Terdapat sebuah penelitian yang membuktikan dengan jelas bahwa kecakapan dalam bahasa Inggris, tidak hanya akan meningkatkan nilai seseorang, namun juga meningkatkan kualitas pendidikan negara. Penelitian lain juga membuktikan bahwa peran mahasiswa sebagai Agent Of Change sangat membutuhkan keterampilan bahasa Inggris dalam mewujudkan tujuan dalam membawa Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sangat penting untuk dipelajari, dipahami, dan dikuasai. Sebagai mahasiswa, kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris akan memberikan pengaruh positif dan berbagai manfaat, baik dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, langkah awal melanjutkan pendidikan, maupun dalam hal menambah relasi pertemanan. Selain itu, bahasa Inggris juga berperan besar dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dalam program pendidikan berkualitas. Mahasiswa dengan kemampuan dan keterampilan berbahasa inggris yang diimplementasikan melalui berbagai program perguruan tinggi akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar dapat setara dengan negara maju lainnya. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita sebagai mahasiswa untuk mempelajari, menguasai, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita menjadi lebih baik.

Biodata Penulis

Nama Lengkap     : Eva Yuliana
Prodi                       : Akuntansi
Fakultas                 : Ekonomi
Asal Instansi         : Universitas Bangka Belitung
Email                      : evayln288@gmail.com

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *