Pemkab Bangka Selatan Melalui Disdikbud Lakukan MoU Dengan Kejaksaan Negeri Bangka Selatan

  • Bagikan

Toboali, Asatu Online – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Disdikbud) melakukan kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) dengan Kejaksaan Negeri Bangka Selatan di aula Kejaksaaan Negeri Bangka Selatan, Senin (13/03/2023).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Naskah Kerjasama tersebut sekaligus merupakan tindak lanjut dari program Kejaksaan Agung RI tentang program Jaksa Masuk Sekolah dan dilakukan langsung oleh Kepala Kejari Bangka Selatan, Riama Sihite dan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Elfan Rulyadi.

Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) digelar dalam rangka upaya inovasi dan komitmen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada warga negara khususnya masyarakat yang statusnya sebagai pelajar, ucap Riama

“Jaksa masuk sekolah, programnya untuk anak-anak sekolah, anak-anak bangsa agar kedepannya lebih baik lagi. Programnya sudah berjalan 5 tahun, kenali hukum masuk ke sekolah supaya anak-anak mempunyai masa depan yang lebih baik, karena sekarang ini kan banyak tindak kejahatan, dengan keberadaan kami dari kejaksaan bekerja sama dengan dinas pendidikan semoga kedepannya anak-anak benar-benar tahu mereka harus melakukan apa,” ujar Riama.

Disebutkan Riama, seperti motto kita tadi “KENALI HUKUM, JAUHKAN HUKUMAN” saat memberikan ceramah dan menginformasikan terkait dengan peranan kejaksaan di sekolah tentunya tidak terlepas dari undang-undang narkotika.

“Kami perkenalkan juga apa narkotika itu, apa ancaman hukumannya supaya anak-anak tahu agar mereka benar-benar menjauhi hukuman, jangan sampai anak-anak itu jatuh dalam tindak pidana terkait Pengadilan,” katanya.

Riama juga berpesan untuk anak-anak sekolah agar penggunaan media sosial itu lebih mengenal mana yang sepatunya mereka harus lakukan.

“Sama halnya persoalan Narkoba yang sudah menggerogoti kalangan anak-anak, maka perlu kita memperkenalkan hukum serta sadar untuk menjauhi hukuman, kita mulai dilingkungan sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, Elfan Rulyafi Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan berharap program Jaksa Masuk Sekolah bisa memberikan pengetahuan hukum kepada pelajar khususnya di Kabupaten Bangka Selatan.

“Alhamdulillah hari ini kami telah menandatangani MOU bersama dengan Kejari Bangka Selatan terkait kegiatan kerjasama program Jaksa masuk sekolah. Kami sangat mengapresiasi program Jaksa masuk sekolah ini, semoga bisa memberi motivasi kepada peserta didik kami terutama yang di SMP bahwa negara kita negara hukum sehingga mampu Meminimalisir tindak pidana hukum apalagi di kalangan anak sekolah,” ucapnya.

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *