Mulkan Launching Kalender dan Buku Berjudul “AL Kautsar”

  • Bagikan

Bangka, Asatu Online – Bupati Bangka Mulkan SH.MH resmi melauncing Kalender dan Buku berjudul “Al Kautsar, Hadir Untuk Kemanusian”. Berlokasi di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Kautsar Sungailiat, Jumat (10/3/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati Bangka Mulkan mengatakan dengan adanya buku dan kalender yang diterbitkan oleh LKSA Al Kautsar Sungailiat ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan dan menambah pengetahuan serta wawasan tentang keberadaan LKSA Al Kautsar Sungailiat.

“Cara ini merupakan upaya mengenalkan minat baca dan mengajarkan anak untuk dapat mengenal lebih dalam LKSA Al Kautsar Sungailiat yang sampai hari ini terus berdiri tegak dan membantu masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Mulkan.

Buku ini diharapkan Mulkan, dapat mengenalkan dan mengetahui sejarah dari LKSA Al Kautsar, sehingga diketahui banyak orang dan menjadi salah satu bukti sejarah akan keberadaan LKSA ini.

Mulkan juga mengatakan, atas nama pemerintah daerah sekaligus Kepala daerah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian kepada anak-anak yang ada di Panti Asuhan Al Kautsar Sungailiat.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dan sesuai dengan apa yang diamanatkan UUD1945 dalam pasal 34 ayat 1 yang menyebutkan kewajiban negara memelihara fakir miskin dan anak terlantar,” jelas Mulkan.

Mulkan juga mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian kepada anak-anak panti asuhan agar bisa mendapatkan kehidupan yang baik, sehingga tidak ada kesenjangan dan semua merasa nyaman, tenang, serta mendapatkan perlindungan selayaknya mempunyai orang tua.

“Disisi lain kita semua juga harus membantu para pengasuh dan pengurus yang ada dipanti asuhan, karena mereka mempunyai tugas yang sangat berat yaitu membentuk akhlak dan karakter anak dan mereka juga butuh perhatian serta pemenuhan kebutuhah seperti sandang, makan, minum, dan kesehatannya,” ujar Mulkan.

Diakui Mulkan, dari anak-anak Panti Asuhan ini sudah ada yang kuliah, dan Ini semua berkat didikan yang diberikan para pengasuh dan pengurusnya. Pemkab Bangka tetap memperhatikan panti asuhan Al-Kautsar ini Insya Allah akan tetap membantu baik secara langsung maupun tidak langsung,” pungkas Bupati Bangka Mulkan SH.MH

Sementara itu, sebagai pihak penulis buku, Direktur Madania Center Bangka Belitung doktor Rusydi Sulaiman menjelaskan alasan harus dibuatnya buku ini, untuk mengingat idealisme para pendiri, dan mengangkat sejarah Al Kautsar agar tidak dilupakan orang.

“Mengenalkan kembali kepada orang, bahwa Al Kautsar ini harus dikelola dengan baik, dengan manajemen yang baik, dengan struktur organisasi yang rapi, dan obsesinya adalah mengangkat harkat martabat kemanusiaan,” ujarnya.

Lebih lanjut buku itu pun menurut Rusydi, sebagai penegasan bahwa Al Kautsar dapat menjadi role model bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) lainnya yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *