Pemkab Bangka Akan Daftarkan Kekayaan Warisan Budaya yang Dimiliki

  • Bagikan

Bangka, Asatu Online – Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, SH, MH menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Provinsi Babel Drs.Harun Sulianto, Bc.Ip, SH, di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Bangka di Sungailiat Kabupaten Bangka, Jumat (3/2/2023).

Bupati Bangka menyampaikan, kunjungan Kakanwil Kemenkumham Babel itu merupakan kegiatan silaturahmi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka.

“Ini adalah silaturahmi antara Kumham Babel dengan Pemkab Bangka. Pihak Kumham Babel berterima kasih kepada Pemkab Bangka telah bersinergi dengan baik dengan Kemenkumham,” kata Mulkan.

Diakui Mulkan, kedatangan Kakanwil Kemenkumham Babel ini merupakan kehormatan bagi kami di Kabupaten Bangka. Karena baru kali ini pihak Kanwil Kemenkumham untuk jemput bola.

“Nantinya kita untuk bersama-sama mendaftarkan kekayaan-kekayaan khususnya warisan budaya yang kita miliki seperti produk makanan ciri khas yang turun temurun dari kakek nenek kita seperti kecalo, rusip pekasem, kiping, pantiau, lakso dan lainnya,” ucap Mulkan.

Ia menambahkan, untuk kesemua makanan yang telah disebutkan tadi merupakan makanan ringan yang selama ini menjadi budaya masyarakat di Kabupaten Bangka.

“Untuk kebudayaan kita seperti acara Rebukasan, perayaan acara Cap Go Me, Imlek, Satu Muharram, Mandi Limau dan Nujum Jerami harus dapat kita daftarkan,”pungkasnya.

Sementara itu pihak Kemenkumham telah menginisiasi supaya Pemkab Bangka untuk dapat mendaftarkan segala kekayaan komunal terdiri dari ekspresi budaya tradisional, pengetahuan budaya tradisional, masakan/makanan khas Bangka.

“Tadi pak Bupati bilang terkait dengan makanan khas daerah Bangka ada Pekasam, Rusip, ada Martabak Bangka. Untuk Martabak Bangka sangat identik dengan pulau Bangka,” tutur Harun.

“Kita sama-sama dengan bapak Bupati beserta jajarannya untuk dapat kita daftarkan hak kekayaan komunalnya. Sehingga nantinya ada perlindungan hukumnya dan ada nilai ekonominya. Selain untuk makanan ada juga adat istiadat yang sangat kental dengan budaya masyarakat Bangka seperti adat Pekchun, Rebo Kasan, dan kebudayaan tradisional lainnya yang akan kita catatkan,” imbuh Harun.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenkumham Babel, Bupati Bangka, Sekdakab Bangka, kalapas Sungailiat, para kepala OPD kabupaten Bangka, serta undangan lainnya.

Loading

Penulis: Tama
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *