HPN 2023: Firdaus Kawal Ekspedisi Danau Toba 4-7 Februari

  • Bagikan

Jakarta, asatuonline.id – EKSPEDISI Danau Toba yang akan menelusuri Geopark Kaldera Toba selama empat hari, 4-7 Februari 2023 akan dikawal oleh Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus, dan Ketua Panitia Hari Pers Nasional SMSI Lesman Bangun.

Ekspedisi Toba yang digelar mengawali Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini, akan dilaksanakan oleh tim yang dipimpin oleh Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupu, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Ekspedisi Geopark Kaldera Toba.

Selama ekspedisi berlangsung, panitia menyertakan beberapa ahli yang mampu menjelaskan fenomena alam yang membentuk Toba dan Samosir, serta peradaban dan ekonomi yang menghidupkan kawasan tersebut. “Para ahli itu akan menjadi nara sumber para peserta ekspedisi,” tutur Erris.

“Pelaksanaan ekspedisi Toba ini merupakan momentum penting bagi kalangan pers, karena dikaitkan dengan rangkaian acara perayaan HPN di Sumatera Utara. Ini salah satu bukti bahwa pers peduli pada kehidupan masyarakat dan lingkungan,” kata Firdaus dalam rapat persiapan ekspedisi tersebut.

Ekspedisi Toba ini juga didukung para bupati dan wali kota di kawasan Geopark Kaldera Toba. Mereka antara lain, Bupati Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara, Drs Nikson Nababan MSi.

Dia telah menyatakan dukungan pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, 4-7 Februari 2023.

Bupati Nikson Nababan pun telah menginstruksikan jajarannya berkolaborasi dengan Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumut dan Pengurus SMSI Kabupaten Taput menyukseskan ekspedisi dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 itu.

“Saya sudah instruksikan dibuat rapat pematangan ekspedisi ini, diundang semua dinas terkait,” ujar Nikson Nababan saat menerima Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupu, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, di Rumah Dinas Bupati, Jalan Ahmad Yani, Tarutung, Sabtu (21/01/2023) sore.

Bupati Samosir, Sumatera Utara, Vandiko Gultom juga menyambut baik daerahnya dipilih SMSI sebagai salah satu tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Tetty Naibaho, mengatakan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang akan mengunjungi Geosite-geosite Kaldera Toba yang ada di Samosir, akan memberi energi baru untuk upaya mempertahankan predikat Unesco Global Geopark (UGG) atau Taman Warisan Bumi Unesco.

“Karena memang ada revalidasi terhadap status UGG terhadap Geopark Kaldera Toba pada tahun 2024. Jadi ekspedisi ini tentu harapan kita menggaungkan kembali semangat semua pihak mendukung status UGG Geopark Kaldera Toba,” sebut Tetty.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kominfo Samosir, Immanuel Sitanggang, yang juga menerima kehadiran panitia ekspedisi di kantornya, di Pangururan Samosir.

Pemkab Samosir, ujar Immanuel Sitanggang, berharap akan semakin terekspos objek-objek wisata dan potensi-potensi unggulan yang ada di Samosir, lewat ekspedisi yang memeriahlan HPN 2023 itu.

“Seperti obyek-obyek wisata, hasil-hasil produk kerajinan dan sebagainya, yang diharapkan nantinya menarik siapa saja untuk berkunjung, berwisata di Samosir,” ujar Immanuel.(*)

Loading

Penulis: Man
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *