Pemkab Bangka Raih Anugerah Revolusi Mental 2022 Terbaik di Indonesia

  • Bagikan

Bangka, Asatu Online – Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bangka dalam hal melakukan perubahan mendasar dalam mewujudkan tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara telah mendapat apresiasi dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yaitu Anugerah  Revolusi Mental tingkat nasional.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin didampingi Kepala Bappeda Bangka, Pan Budi Marwoto menerima penghargaan Anugerah Revolusi Mental Tahun 2022 terbaik di Indonesia diberikan langsung Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Penghargaan ini diinisiasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bersama dengan para Koordinator. Selain Pemkab Bangka, penghargaan juga diberikan kepada Pemkab Bekasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Bangka Syahbuddin, S.IP, M.Tr.IP bahwa dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental yang merupakan suatu gerakan secara nasional yang melibatkan seluruh komponen bangsa dengan adanya memperkuat peran serta nyata penyelenggara negara dan seluruh elemen masyarakat.

“Pada gerakan nasional revolusi mental dimaksudkan untuk dapat membangun kesadaran publik akan pentingnya memperkokoh dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam hal kehidupan sehari-hari,” terang Syahbuddin.

Dikatakannya, dalam pemberian Anugerah Revolusi Mental 2022 diberikan kepada berbagai pihak dan kalangan, diantaranya seperti pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan maupun masyarakat umum dengan memperhatikan berbagai unsur pertama tindakan yang bersifat fundamental, kedua memberikan perubahan dampak positif terhadap masyarakat serta dapat menghadirkan ruang-ruang keadilan sosial terhadap adat masyarakat sekitar.

“Melalui pemberian penghargaan ini seluruh pelaku atau pada agen perubahan bergerak secara simultan, integral, dan sistemik menyentuh seluruh elemen bangsa untuk mendorong terjadinya perubahan positif komprehensif dalam mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Ia menegaskan, dalam konteks inilah, Pemkab Bangka telah mendapatkan Penghargaan Anugerah Revolusi Mental terbaik di Indonesia tahun 2022.

Harapan Wakil Bupati Bangka, Syahbuddin pembangunan di daerah harus berorientasi pada pembangunan manusia secara komprehensif baik pembangunan fisik dan pembangunan mental dan pembangunan yang telah  diwujudkan adalah pembangunan manusia yang utuh, pembangunan yang memperhatikan aspek fisik dan aspek mental, sehingga dapat dihasilkan pembangunan serta sumber daya manusia yang utuh dan paripurna.

Ditempat terpisah, Bupati Bangka Mulkan S.H, M.H, menjelaskan pemberian penghargaan Anugerah Revolusi Mental 2022 diharapkan akan mendorong seluruh aspek masyarakat untuk dapat bergerak bersama melakukan perubahan positif dan komprehensif dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Anugerah revolusi mental terbaik Indonesia ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka sebagai  wujud kongkrit dan juga komitmen  kami dalam melaksanakan suatu pembangunan yang ada di seluruh Kabupaten Bangka, juga sebagai sumbangsih kami dalam mengisi pembangunan di Provinsi Bangka Belitung dan Indonesia,” kata Mulkan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pan Budi Marwoto menambahkan, bahwa pembangunan daerah tidak hanya berfokus pembangunan sektoral dan spesial saja, tetapi juga diarahkan pada revolusi mental yang menjadi salah satu agenda besar pembangunan nasional.

“Kami memastikan untuk seluruh kebijakan, program dan kegiatan yang tertuang dalam dokumen perencanaan pembangunan terintegrasi dengan arah kebijakan, program dan kegiatan dalam hal pembangunan nasional termasuk pemetaan pencapaian setiap indikator agar target secara utuh masing-masing indikator tercapai bahkan terlampaui,” jelas Pan Budi Marwoto.

Kepala Bappeda juga menjelaskan bahwa penilaian penghargaan pada Anugerah Revolusi mental ini menggunakan indikator kuantitatif dan kualitatif dengan pembobotan secara kumulatif proporsional diantaranya meliputi pertumbuhan ICRM 2018-2021, pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia, survei penilaian integritas/SPI dari Komisi Pemberantasan Korupsi, predikat WTP dari Badan Pemerikas Keuangam dan Top Inovasi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB.

Loading

Penulis: Sari
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *