Diskominfo Basel Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Quick Win Program Unggulan Menuju Kota Cerdas 2022

  • Bagikan

Foto saat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Kota Cerdas

Bangka Selatan, Asatu Online – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Quick Win Program Unggulan Gerakan Menuju Kota Cerdas 2022 di Balai Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Senin (13/6/22).

Turut hadir Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP yang diwakili oleh Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Basu Priatna, SP, M.M, Tim Pembimbing Penyusunan Master Plan Smart City Pusat Dr. Techn Wikan Danar Sunidyo, Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si, Dodi Septian, S.T., M.T, Ilyas, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika M. Zamroni, S.STP, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan undangan.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP melalui Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Basu Priatna, S.P, M.M saat menbuka acara tersebut menjelaskan bahwa seperti yang diketahui, Smart City adalah suatu konsep pengembangan sebuah kota dengan menerapkan dan mengimplementasikan teknologi secara inovatif, efektif dan efisien dengan cara menghubungkan infrastruktur fisik, ekonomi, dan sosial dalam sebuah kawasan sehingga meningkatkan pelayanan dan mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mengucakan terimakasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan sebagai salah satu Kabupaten terpilih dalam Penyusunan Masterplan Smart City dari program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City). Smart City merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari dengan tujuan untuk mewujudkan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, serta meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan warganya,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika M. Zamroni, S.STP menyampaikan bahwa hari ini Diskominfo Basel bersama Kementerian Kominfo RI, Tenaga Ahli dan Pembimbing memberikan materi awal terhadap penyusunan Masterplan Smartcity.

“Kami dengan pihak Kementerian Kominfo RI dan juga Tenaga Ahli dan Pembimbing hari ini memberikan materi awal terhadap penyusunan Masterplan Smartcity ini, kami yakin dan percaya bahwa Kabupaten Bangka Selatan telah siap untuk melakukan perubahan dan peningkatan layanan aplikasi kapada masyarakat yang muaranya adalah memberikan kemudahan layanan publik kepada masyarakat, dengan semangat Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yaitu dengan semangat Asak Kawa Kite Pacak akan kita bawa untuk memberikan kemudahan-kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Lalu, Tenaga Ahli Dr. Techn. Wikan Danar Sunindyo menjelaskan bahwa Masterplan Smart City ini akan menjadi penggerak menuju tercapainya Smart City di Kabupaten Bangka Selatan.

“Bimtek yang diselenggarakan di Kabupaten Bangka Selatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk penyusunan Masterplan Smart City di Kabupaten Bangka Selatan, adapun Masterplan Smartcity disini akan menjadi panduan sekaligus sebagai penguat untuk penggerak menuju tercapainya Smart City di Kabupaten Bangka Selatan dan kemudian bisa membantu untuk mewujudkan Bangka Selatan yang semakin Smart, Maju, Cerdas dan Sejahtera,” imbuhnya.

Kemudian, Tenaga Ahli Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si berharap apa yang menjadi tujuan Smart City di Bangka Selatan ini tercapai. “Harapan saya pada Bimtek pertama di Bangka Selatan ini tentunya apa yang menjadi tujuan dari Smart City di Bangka Selatan ini tercapai dan Alhamdulillah pada Bimtek ini kami dari Tim Tenaga Ahli melihat apresiasi yang begitu besar dari para peserta mengikuti Bimtek ini, semoga tetap semangat sampai dengan Bimtek terakhir dan saya yakin apa yang diharapjan Bangka Selatan dengan Smart City-nya ini akan segera terwujud”, pungkasnya.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) Quick Win Program Unggulan Gerakan Menuju Kota Cerdas 2022 akan diselenggarakan selama dua hari dari hari ini 13 Juni 2022 sampai dengan besok 14 Juni 2022 dengan dipandu dan dibimbing oleh Tim Pembimbing Penyusunan Master Plan Smart City Pusat.

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *