Wagub Tekankan Prinsip Kehati-hatian dalam Pembangunan Gedung Radioterapi RSUD Ir. Soekarno

  • Bagikan

Pangkalpinang, Asatuonline.id, – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah memimpin Rapat Koordinasi Teknis terkait percepatan pembangunan fasilitas radioterapi di RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Babel, yang berlangsung di Ruang Rapat Wakil Gubernur, Jumat (8/4/2022).

Dalam rapat tersebut, Wagub menekankan agar pembangunan gedung radioterapi untuk dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan perhatian tinggi.

“Untuk itu, kita minta didampingi pihak yang berkompeten, seperti Sucofindo dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Apakah seluruh pekerjaan tersebut telah dilakukan secara benar dan sesuai dengan tata kelola, sehingga tidak ada kekhawatiran bahwa akan terjadi kebocoran dan lain sebagainya,” ujarnya.

Dijelaskannya, tahap awal akan dilakukan pengetesan oleh Sucofindo, apakah hal-hal tersebut telah memenuhi syarat, kemudian baru akan melakukan proses selanjutnya.

Selanjutnya akan dilakukan mobilisasi lahan, dan baru dilakukan pemasangan pancang-pancang tiang. Ditambahkannya bahwa kontrak kerja pembangunan radioterapi ini yang sudah ditandatangani pada 16 Maret 2022 dengan batas waktu pekerjaan sampai dengan bulan Oktober 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Babel Andre Nurtito mengatakan bahwa kegiatan pembangunan ruang radioterapi ini sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan agar pada tahun 2023 di setiap provinsi harus tersedia pelayanan radioterapi ini.

Ditambahkan pula oleh Inspektur Babel Susanto yang juga turut hadir dalam rapat itu, bahwa terkait pembangunan fasilitas radioterapi harus sangat hati-hati terutama dalam membangun bunker.

“Kita menggunakan tiang pancang sebagai dasar bunker, sehingga jangan sampai di bunker ada kecacatan, kekeliruan atau bocor. Karena kalau sampai bocor alat tidak berfungsi, gedung tidak berfungsi dan harus hati-hati, termasuk pengawasnya juga,” jelasnya.

Dalam rapat ini, Wagub Abdul Fatah juga meminta data penderita kanker yang ada di Babel kepada Kepala Dinkes Babel. Data ini kemudian digunakan untuk memperkirakan kebutuhan sumber daya manusia medis yang diperlukan untuk pengoperasian pelayanan radioterapi.

Hal itu bertujuan agar pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat bisa dilakukan secara cepat dan menghindari agar tidak terjadinya lagi masyarakat Babel harus dirujuk keluar dari Babel untuk pengobatan.

Turut hadir dalam rapat ini Kepala Bakuda Babel, Inspektur Babel, Kepala Bappeda Babel, Kepala Dinkes Babel, Plt Direktur RSUD Dr. (HC) Ir. Soekarno Babel, dan Sekretaris Dinas PU..(***)

 

 

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *