3 Wartawan Asatu Online Dipastikan Ikut UKW Muda di Kampus Dr.Moestopo Jakarta

  • Share

Pangkalpinang, Asatu Online-Tiga Wartawan Asatu Online sudah dipastikan ikut Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) Tingkat Muda yang diselenggarakan oleh Kampus Dr.Moestopo bekerjasama dengan Dewan Pers pada Rabu – Kamis tanggal 27 – 28 Oktober 2021 di Jakarta.

Kepastian ikut UKW Muda di Kampus Dr. Moestopo itu setelah Ketiga wartawan itu adalah Fernando, Kartono Revandi dan Yanuar menerima email pemberitahuan dari Kampus Dr. Moestopo bahwa diterima sebagai peserta UKW Gelombang ketiga pada Rabu – Kamis tanggal 27-28 Oktober 2021.

Suherman Saleh Pemimpin Perusahan Asatu Online menyampaikan kepada awak media, Ketiga Wartawan Asatu itu tergabung bersama calon peserta yang lain seluruh Indonesia yang berjumlah 35 peserta.

” Mereka masuk gelombang ketiga yang tergabung bersama 35 peserta seluruh Indonesia,” terangnya, Jumat (22/10).

Ia melanjutkan, Ketiga wartawan Asatu Online itu diharapkan lulus dalam UKW dan nanti kalau kembali ke Bangka Belitung sudah dinyatakan kompeten.

” Semoga Ketiganya lulus dan dinyatakan Kompeten,” harap Wartawan Senior yang biasa disapa Mamang

Diketahui, setelah sukses mengikutsertakan Delapan wartawan Asatu Online asal Provinsi Bangka Belitung (Babel) yakni Imam Kusni, Maman, Heri Uzwan, Suta Wijaya, Hidayat, Hotama Rasyid, Gerry Julianto, SH, Rahmat Amin dan dinyatakan kompeten dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Jakarta, pada Minggu ( 12/9 ), Pimpinan Asatu Online kembali akan mengikutsertakan wartawannya untuk UKW.

UKW Angkatan ketiga dan ke empat ini merupakan program CSR PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) bekerjasama dengan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) atau UPDM (B).
Program UKW ketiga dan ke empat ini akan dilaksanakan pada Oktober 2021, bertempat di Kampus Dr Moestopo Jakarta, dan batas terahir pendaftaran adalah Tanggal 18 Oktober 2021.
Sementara untuk para penguji adalah Dr.Retno Intani, Dr.Wahyuni M. Pratopo, Dr.Aat Surya Safaat, Mohammad Nasir Msc dan Dr.Elik Susanto.
Dewan Pers membagi level kompetensi seorang jurnalis  dengan tiga level yakni level muda, madya, dan utama.

Saat ini, di Indonesia terdapat sekitar 120 ribu orang wartawan, namun sejak diwajibkannya sertifikasi wartawan oleh Dewan Pers sebagaimana amanat undang-undang, baru sekitar 28 ribu orang yang memiliki Sertifikat Kompetensi Wartawan.

Sementara itu Dr.Aat Surya Safaat, Msc Penanggung jawab / Pemimpin Redaksi Asatu Online selalu mengingatkan kepada wartawan Asatu Online dan wartawan media – media yang lain untuk menjadi wartawan yang kompeten, yang diakui Dewan Pers.

” Sebagai Asesor Utama UKW Dewan Pers, saya tidak berhenti untuk mengingatkan wartawan yang ada dibawah pimpinan saya atau wartawan – wartawan yang lain untuk menjadi kompeten dan diakui Dewan Pers. Semakin banyak wartawan kompeten didalam satu media, semakin baguslah media itu menghasilkan karya – karya yang independen,” katanya, Sabtu (16/10) di Jakarta..(gei)

 122 total views

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *