RNLC19 – Polri selenggarakan vaksinasi bagi warga Jakarta Utara  

  • Share

Ketua Umum Relawan Nasional Lawan Covid-19 (RNLC19) Kris Budihardjo (kiri) sedang menyaksikan penguapan menggunakan Corona Buster di daerah Kemayoran Jakarta belum lama berselang (Foto: Istimewa)

Jakarta, asatuonline.id – Relawan Nasional Lawan COVID-19 (RNLC19) dan Kepolisian RI (Polri) siap menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat di wilayah Jakarta Utara dan sekitarnya pada Senin sampai Rabu (23-25 Agustus 2021) dalam upaya turut mempercepat program vaksinasi nasional.

Dalam perbincangan dengan wartawan di Jakarta, Minggu malam (22/8/2021), Ketua Umum RNLC19 Kris Budihardjo menyatakan bersyukur bisa berkolaborasi dengan pihak Polri dalam penyelenggaraan vaksinasi di Jakarta Utara sebagai bagian penting dari ikhtiar bagi kesuksesan bersama untuk keluar dari pandemi COVID-19.

Vaksinasi di wilayah Jakarta Utara itu sendiri berlokasi di Rumah Berkat Christel Indonesia, Jalan Melati Nomor 39-41 Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara dan diperuntukkan bagi dewasa/umum usia 18-60 tahun dan penyandang disabilitas.

Dari pihak RNLC19, pelaksananya adalah Koordinator RNLC19 Wilayah DKI Jakarta, sedangkan dari pihak Polri adalah Pusat Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Pusdokkes Polri). Keduanya sudah melakukan persiapan secara matang guna memberikan kenyamanan kepada peserta yang akan menerima vaksinasi AstraZeneca itu.

Menurut Ketua Umum RNLC19, baru-baru ini pihaknya juga membantu memfasilitasi gebyar vaksinasi yang diselenggarakan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal) di Gedung Balairung Rudini IPDN Jatinangor Sumedang Jawa Barat pada 20-21 Agustus 2021.

RNLC19 juga siap memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi, antara lain di Surabaya, Kuningan, dan daerah sekitar Jakarta, yaitu Bogor, Tangerang, dan Bekasi atas kerjasama dengan pihak-pihak terkait, terutama dengan Polri, TNI AL dan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

“Kami juga bekerjasama bahu membahu dengan TNI AL di Pulau Bawean Provinsi Jawa Timur. TNI AL menyelenggarakan vaksinasi, dan RNLC19 memberikan Bansos kepada masyarakat di daerah itu,” kata Kris Budihardjo.

Ketua Umum RNLC19 yang juga Ketua Umum Ormas Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) itu menambahkan, RNLC19 sejak dibentuk pada 12 Juli 2021 langsung bergerak mendirikan dapur umum untuk membantu meringankan beban warga yang sedang melakukan isolasi mandiri di lima wilayah DKI serta di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

“Alhamdulillah RNLC19 langsung bergerak membuat dapur umum serta membagikan sembako dan masker bagi warga yang sedang melakukan isolasi mandiri serta melakukan pengasapan menggunakan Corona Buster di beberapa daerah di Indonesia,” katanya.

RLNC19, lanjutnya, mendirikan posko dapur umum sesuai kebutuhan dan sesuai keterjangkauan, antara di Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Malang, Sidoarjo, Surabaya, Bandar Lampung, Palembang, dan Palu Sulawesi Tengah, sementara perwakilan RNLC19 di Singkawang Kalbar membagikan masker dan vitamin dan di Pulau Bawean membagikan Bansos.

Baru-baru ini pegiat RNLC19 Ayu Azhari juga membagikan paket sembako di daerah Lebak Banten. Bansos tersebut dibagikan oleh pihak RNLC19 atas kerjasama dengan Organisasi Kemahasiswaan dan Pemuda (OKP) Kabupaten Lebak.

Artis Ayu Azhari ketika itu menyatakan bahwa upaya untuk mengatasi pandemi COVID-19 tidak bisa hanya dilaksanakan oleh Pemerintah, tetapi harus melibatkan peran serta masyarakat secara luas..(**)

 152 total views

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *