banner 728x250

Presiden dukung gerakan “Relawan Nasional Lawan COVID-19”

  • Bagikan
banner 468x60

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko usai menyerahkan masker secara simbolis kepada perwakilan warga di daerah Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis 22 Juli 2021 (Foto: Istimewa)

Jakarta, asaruonline.id-Presiden Jokowi mendukung penuh kiprah atau gerakan Relawan Nasional Lawan COVID-19 (RNLC19) dibawah kepemimpinan pegiat sosial Kris Budihardjo yang bersinergi bersama pemerintah untuk menyelamatkan Indonesia dari bahaya pandemi COVID-19.

banner 336x280

Siaran pers RNLC19 yang diterima hari Kamis (22/7/21) menyebutkan, dukungan Presiden kepada relawan nasional itu disampaikan melalui Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr H Moeldoko. Moeldoko malahan turun langsung bersama Ketua Umum RNLC19 menyerahkan masker kepada warga di Kemayoran Jakarta.

Kepala KSP menyerahkan masker secara langsung kepada ibu-ibu PKK perwakilan dari enam kelurahan di Kemayoran pada Kamis 22 Juli 2021. Masker yang didistribusikan di wilayah Jakarta Pusat itu diproduksi dan disumbang oleh CSR sebuah perusahaan es cream Aice Group.

Kepala Staf Kepresidenan mengapresiasi kerja cepat RNLC19, terlebih persoalan COVID-19 tidak bisa diselesaikan oleh Pemerintah saja. Ia menyebutkan bahwa aksi para relawan tersebut benar-benar merupakan langkah nyata dari masyarakat dalam membantu pemerintah mengatasi pandemi COVID-19.

“Pandemi ini merupakan masalah bersama. Untuk itu perlu kolaborasi dari semua pihak. Di sini ada perusahaan yang memproduksi masker, kemudian diserahkan kepada relawan nasional, dan relawan mendistribusikan langsung ke masyarakat. Ini adalah sinergitas yang sangat baik,” jelas Moeldoko dalam sambutannya pada acara penyerahan masker itu.

Sementara itu Ketua Umum RNLC19 mengemukakan, pembagian masker tersebut merupakan sinergitas dari kegiatan sebelumnya, yakni setelah para relawan melakukan disinfektan dan penguapan menggunakan Corona Buster di daerah yang sama.

“Jadi setelah wilayahnya diuap, warganya kini kita proteksi dengan masker, dan kegiatan ini akan dilakukan secara sporadis dan serentak oleh seluruh Relawan Nasional Lawan Covid 19 di seluruh Nusantara. Targetnya adalah 200 kelurahan di seluruh Indonesia yang memiliki penduduk padat seperti di Kemayoran ini,” kata Kris Budihardjo.

Usai menyerahkan masker secara simbolik kepada warga di Kemayoran, Kepala Staf Kepresidenan bersama Ketua Umum RNLC19 dan team meninjau dapur umum di wilayah Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat.

Dapur umum RNLC19 itu memproduksi 300 sampai 500 porsi makanan untuk makan pagi, siang, dan malam yang didistribusikan kepada para penderita COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah dan yang tengah dirawat di rumah-rumah sakit di lingkungan sekitar.

“Pada tahap awal, baru ini dulu yang kita mampu, membangun dapur umum di setiap wilayah. Alhamdulillah selain di Jakarta, dapur umum juga sudah sporadis didirikan di berbagai provinsi, kabupaten, dan kota,” kata Ketua Umum RNLC19.

Ia lebih lanjut mengharapkan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia secepatnya memiliki dapur umum sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari bentuk perang total melawan COVID-19 dari hulu hingga ke hilir.

Pada kesempatan terpisah salah satu Bendahara RNLC19 Kris Tjantra mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah memberikan sumbangan..(**)

 151 total views

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.