Pangkalpinang, Asatu Online— Sebagai bentuk komitmen dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, PT Timah Tbk terus memperkuat dukungan terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hingga semester I tahun 2025, PT Timah Tbk telah berpartisipasi dalam sembilan pameran dan expo di berbagai daerah untuk mempromosikan produk UMKM binaannya.
Kegiatan ini menjadi bagian dari strategi perusahaan dalam memperluas akses pasar sekaligus memperkenalkan produk-produk unggulan lokal kepada masyarakat luas. Upaya ini diharapkan dapat membantu meningkatkan omset para pelaku UMKM.
Berbagai produk kreatif dari UMKM binaan PT Timah, seperti kerajinan tangan, olahan pangan, batik, dan produk khas daerah Bangka Belitung, turut ditampilkan dalam berbagai pameran tersebut.
PT Timah Tbk telah memfasilitasi produk mitra binaan dalam berbagai pameran, baik di tingkat lokal maupun nasional, seperti Inacraft 2025, Festival Semarak Ekraf Kota Pangkalpinang, Bazar KNPI Ramadhan Expo, dan Pameran Specta Culinar.
Salah satu mitra binaan, Siti Dawiyah, Ketua Batik Pakkis, mengungkapkan bahwa kelompoknya kerap dilibatkan PT Timah untuk mengikuti berbagai pameran guna mempromosikan hasil karya mereka.
“Selain dukungan modal, kami juga diajak dalam berbagai pameran untuk mempromosikan produk kami. Ini menjadi upaya penting dalam memperluas pasar dan mengenalkan batik Pakkis,” ujarnya.
Fasilitasi PT Timah terhadap UMKM binaan dalam berbagai pameran menjadi bukti nyata komitmen perusahaan untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha lokal.
Dukungan tersebut tidak hanya dalam bentuk modal, tetapi juga melalui pendampingan, pelatihan, serta akses promosi melalui berbagai event ekonomi kreatif dan pameran nasional.
Langkah PT Timah ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan UMKM berkelanjutan dan memperkuat posisi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional.