Mendorong Pertumbuhan Ekonomi: Komitmen PT Timah dalam Pengembangan UMKM

Pangkal Pinang, Asatu Online — PT Timah Tbk berkomitmen meningkatkan daya saing pelaku UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah operasionalnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, PT Timah telah meluncurkan berbagai program pelatihan, permodalan, pemasaran, dan pendampingan untuk pelaku UMKM, terutama di daerah operasionalnya. Pelatihan yang ditawarkan mencakup strategi pengembangan UMKM melalui mindset entrepreneur dan branding produk di era digital.

Perusahaan ini juga telah mengadakan pelatihan penyusunan laporan keuangan UKM berbasis digital. Rumah BUMN Belitung, yang dikelola oleh PT Timah, telah melaksanakan 19 pelatihan untuk ratusan UMKM hingga September 2024.

Sebagai bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Timah secara konsisten mendukung UMKM melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang dimulai sejak 2000. Lebih dari 9.000 pelaku UMKM telah memanfaatkan program ini untuk mengembangkan usaha mereka di berbagai sektor.

“Melalui pelatihan dan permodalan, kami berharap dapat mendorong pertumbuhan UMKM yang kompetitif dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal,” ujar Anggi Siahaan, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan.

PT Timah menyadari bahwa UMKM adalah pilar penting perekonomian Indonesia. “UMKM tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memperkuat perekonomian lokal. Kami berkomitmen mendukung pengembangan UMKM melalui inisiatif yang berkelanjutan,” tambah Anggi.

Dengan pelatihan dan dukungan modal, PT Timah berharap lebih banyak UMKM dapat berkembang menjadi usaha yang lebih besar dan bersaing di tingkat nasional maupun global. Dalam beberapa tahun terakhir, puluhan UMKM mitra binaan telah berhasil naik kelas, menunjukkan kemandirian yang semakin kuat.

Untuk memperluas jangkauan produk UMKM, PT Timah aktif berpartisipasi dalam pameran lokal dan nasional, sehingga produk UMKM semakin dikenal luas. (A1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *