PD IGRA Jakarta Timur Siap Deklarasikan Raudhatul Athfal Ramah Anak

  • Bagikan

Pengurus Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PD IGRA) Jakarta Timur, Nur Mutakin (Dok. pribadi)

Jakarta, asatuonline.id- Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PD IGRA) Jakarta Timur siap mendeklarasikan berdirinya Lembaga Raudhatul Athfal (RA) Ramah Anak dengan tujuan untuk dapat memenuhi, menjamin, dan melindungi hak anak, khususnya di lingkungan lembaga pendidikan Raudhatul Athfal.

“Tujuan lainnya adalah untuk memastikan bahwa lembaga RA mampu mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggungjawab kepada kehidupan yang lebih baik. Salah satu kegiatan yang menjadi unggulan adalah tahfidz Qur’an,” kata Nur Mutakin, pengurus PD IGRA Jakarta Timur, Selasa (3/5/2022).

Nur Mutakin mengemukakan keterangan tersebut dalam perbincangan dengan wartawan terkait akan dideklarasikannya Lembaga Raudhatul Athfal Ramah Anak pada tahun pelajaran 2022/2023 ini sebagai upaya untuk mewujudkan output atau lulusan Raudhatul Athfal yang cerdas, berkarakter, berakhlakul karimah.

Raudlatul Athfal (disingkat RA) itu sendiri merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (yakni usia enam tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal di bawah pengelolaan Kementerian Agama.

RA setara dengan taman kanak-kanak (TK), di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Nur Mutakin lebih lanjut mengemukakan, selain Ramah Anak, PD IGRA Jakarta Timur juga mendorong semua lembaga RA agar menjadi RA yang holistik integratif, antara lain bekerjasama dengan Puskesmas di wilayah domisili RA tersebut.

“Ini merupakan upaya strategis dalam penanganan anak usia dini secara menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan serta perlindungan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak,” kata Nur Mutakin.

Ia juga mengemukakan, PD IGRA Jakarta Timur dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur pada Ramadhan yang baru lalu memberikan santunan dan sembako kepada 50 anak yatim yang merupakan peserta didik Raudhatul Athfal Jakarta Timur.

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua PMI Kota Jakarta Timur HR Krisdianto dan Ketua PD IGRA Jakarta Timur Hj Siti Imron di Kantor Sekretariat PD IGRA Jakarta Timur pada 25 April 2022.

Acara pemberian santunan dan sembako tersebut dihadiri oleh Sekretaris PMI Jakarta Timur E Komalasari, Kepala Markas PMI Jakarta Timur Ahmad Fadhli, Kasie Yankessos Mulyaningsih serta Pengurus PD IGRA dan 10 Ketua PC IGRA di wilayah Jakarta Timur.

Pada kesempatan itu Ketua PMI Kota Jakarta Timur Krisdianto menjelaskan, pemberian santunan tersebut sebagai bentuk kepedulian kepada anak yatim piatu, terlebih di bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah.

Sementara itu Ketua PD IGRA Jakarta Timur mengucapkan terima kasih atas kepedulian PMI Kota Jakarta Timur kepada peserta didik Raudhatul Athfal, khususnya terhadap anak yatim di lingkungan lembaga pendidikan tersebut..(red)

 236 total views

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *