Aktifitas Diduga Tambang Ilegal Terpantau di Kulong Kenari, Marbuk dan DAS Nibung  

  • Bagikan

Bangka Tengah, asatuonline.id – Terpantau adanya aktivitas Tambang Timah memggunakan mesin Dompeng diduga tanpa mengantongi surat ijin milik beberapa warga Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah di Kolong Kenari Siimpang Perlang Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, Jumat ( 30/7).

Pengakuan salah Satu warga yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa lokasi tersebut sudah pernah dilakukan razia oleh tim gabungan dari Polda Bangka Belitung dan Polres Bangka Tengah apda Sabtu (17/7/2021)

Dalam razia tersebut telah diamankan Tiga orang pemilik Tambang berikut alat bukti berupa peralatan Tambang berupa mesin Robin, Karpet, Spiral dan Sakan.

“Lokasi ini sudah pernah dirazia kamarin Sabtu (17/7), namun masih ada yang beraktifitas lagi,” ujar warga itu.

Tidak jauh dari Kolong Kenari Bangka Tengah ditemukan Satu  unit tambang dengan mesin klasifikasi dompeng juga sedang beraktifitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Nibung, yang menurut keterangan warga setempat para penambangnya berasal dari luar (pendatang red)

“Untuk yang di DAS Nibung penambangnya dari luar  pak..iya pendatang pak bukan warga sini ” sebutnya

Sementara itu Kapolres Bangka Tengah AKBP  Slamet Ady Purnomo SIK mengatakan bahwa razia tambang yang digelar secara gabungan Polres Bangka Tengah dan Polda Kepulauan Babel pada hari Sabtu (17/7) adalah perintah/ instruksi dari atas, agar lokasi tersebut harus disteril dari kegiatan pertambangan dengan alasan tidak mengantongi surat ijin tambang.

“Kami dapat perintah dari atas agar lokasi tersebut disteril dari kegiatan penambangan, maka dari itu kami dari pihak Polres bersama tim Krimsus Polda turun merazia kawasan tersebut, siapa yang beroperasi saat itu ya terpaksa kami amankan” tegas AKBP Slamet Ady Purnomo.

Terpisah, beberapa warga Koba yang berhasil ditemui tidak jauh dari lokasi tambang, berharap pihak Kepolisian untuk menertibkan Tambang – tambang yang menggunakan mesin Dompeng itu.

” Kami warga disini sangat berharap untuk semua tambang di sekitar Marbuk dan Kenari dan DAS Nibung untuk ditertibkan,” pintanya..(tim)

 

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *