Pemerintah Provinsi Babel Bagikan Set Top Box Kepada PKH

  • Bagikan

Set Top Box alat TV Digital (foto : net)

Pangkalpinang, Asatu Online– Pemerintah Provinsi Bangka Belitung telah membagikan alat bantu penerima siaran digital Set Top Box (STB) kepada masyarakat yang kurang mampu terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH), telah dibagikan sebelum jadwal siaran TV analog dimatikan.

Hal itu disampaikan oleh Sudarman kepada awak media pada Jumat 17 Juni 2022 di kantornya di Pangkalpinang. Menurutnya, Set Top Box sementara ini diberikan untuk penerima PKH

“STB ini akan di distribusi pemerintah pusat melalui dinas sosial untuk keluarga tidak mampu, dapat bantuan. Kalau masyarakat di luar itu dapat membeli di toko elektronik, yang telah menjual STB. Kecuali untuk TV smart yang telah mendukung atau menerima siaran TV digital,” jelas Sudarman.

Ia menegaskan saat ini pemerintah daerah sedang berusaha mensosialisasikan terkait migrasi dari TV analog ke TV digital ke sejumlah masyarakat Bangka Belitung, agar dapat mempersiapkanya.

“Kita sekarang ini berusaha dengan teman-teman dari KPDI Babel mensosialisasi ke masyarakat yang masuk wilayah pada tahap pertama. Kemudian masing-masing kepala dinas kominfo dan kepala daerah juga dapat menyampaikanya, karena tinggal satu bulan lagi,” jelas Sudarman lagi.

Terpisah, Kepala Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang, M. Helmi, menjelaskan sehubungan dengan rencana Analog Switched Off (ASO) atau TV analog dimatikan di Bangka Belitung untuk tahap pertama 30 April 2022.

“Awalnya memang 31 Maret 2022 untuk Analog Switched Off (ASO) tetapi diundur, untuk daerah di Bangka Belitung masuk tahap pertama Pangkalpinang dan Bangka Tengah,” jelas Helmi.

Menurutnya, untuk, stasiun TV di Bangka Belitung yang ditunjuk sebagai penyelenggara multiplexser (mux) adalah TVRI, RCTI dan Metro TV.

Layanan multipleksing, dijelaskannya, merupakan penyelenggaraan layanan dengan menggunakan infrastruktur multipleksing yang menggabungkan dua program siaran atau
lebih.

Melalui slot yang merupakan bagian dari kapasitas multipleksing untuk dipancarkan melalui media transmisi terestrial dan diterima dengan perangkat penerima siaran. Masing-masing MUX dapat menampung 12-16 programĀ  siaran.

“Saat ini semua penyelenggara dalam proses persiapan sarana dan infrastruktur tersebut karena sesuai jadwal di Bangka Belitung akan mengikuti tahapan ASO,” katanya. (*)

#ASO#analogswitchoff#tvdigital #siarandigitalindonesia#ASO2022

Sumber : Kominfo Babel

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *