Dua Unsur Pemerhati Korupsi, Layangkan Surat Pengaduan Kepada Kejati Jabar

  • Bagikan
Businessman giving bribe money in the envelope to partner in a corruption scam with black and white tone

Foto : Ilusyrasi

Bandung, Asatu Online – Bapenda mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi ; Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pendapatan, Bidang Pengelolaan Pendapatan, Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pendapatan, Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Pendapatan.

Namun, dalam pelaksanaan tugas nya banyak terjadi penyimpangan wewenang yang di lakukan oknum ASN yang jelas akan sangat merugikan masyarakat dan mengurangi pendapatan Daerah. ujar Koordinator Forum Peduli Bandung, Kandar Karnawan kepada Wartawan di jalan lengkong, Kota Bandung, Senin (30/5/2022)

Dalam hal ini tentunya pihak kejaksaan agar turun tangan dengan melakukan pengawasan pendapatan daerah dan tentunya ini juga jadi salah satu tugas dan fungsi aparat penegak hukum (APH),” Jelas Kandar

Kandar menuturkan hal itu bukan tanpa sebab. Menurut dia berdasarkan penelusuran yang dilakukan, ada dugaan kejanggalan dalam penerimaan pajak di Kota Bandung. Salah satunya munculnya tim verifikasi pajak dadakan yang melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah wajib pajak di Kota Bandung.

“Tim verifikasi ini dari informasi yang kita dapat dibentuk melalui sprint (surat perintah). Akan tetapi tidak ada dasar dari sprint tersebut,” tutur dia.

Kandar mengatakan hal ini akan berpotensi penyalahgunaan wewenang yang berujung pada potensi pajak yang bisa lepas. Menurut dia, adanya hal tersebut berbanding terbalik dengan target pendapatan Pemkot Bandung.

Apalagi sektor usaha di Kota Bandung mulai menggeliat sesudah wabah Covid 19 selama 3 tahun berlangsung, di sini peran APH seharusnya ikut serta dalam penyelamatan pendapat daerah agar hasil bisa maksimal, jangan sampai masih adanya oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan.

Agus satria, Kabiro Investigasi MGP, memperjelas surat perintah (SP) Team Verifikasi yang di keluarkan Kepala Bapenda kepada Dicky N Wijaya ternyata hanya di jadikan kepentingan sekelompok kecil oknum Bapenda untuk meraup keuntungan.

Dengan adanya hal tersebut kami dari dua unsur pemerhati melayangan surat laporan pengaduan kepada Kejati Jabar guna mohonan dan mendesak kepada kejati jabar agar segera melakukan penyelidikan bukan hanya pengawasan terkait Ketua Team Verifikasi yang tidak sesuai Prosedur dan cenderung hanya di jadikan ajang kepentingan, Ujar Agus

Team Verifikasi pun melakukan pemeriksaan hanya kepada 10 WP yang ada di kota bandung di sektor Restoran, farkir dan hiburan, hal ini sudah membuktikan tebang pilih dalam melakukan pemeriksaan, jelas agus

“Agus menambahkan, kenapa hotel hotel tidak di lakukan pemeriksaan seperti Hotel El Royal Dll, apa mungkin hotel tersebut menjadi tanggung jawab Dicky N Wijaya, pasalnya sebelum idhul Fitri kami mendapatkan informasi bahwa Dicky Wijaya di duga bagi – bagi uang yang tidak menutup kemungkinan hasil dari pemeriksaan yang dilakukan team Verifikasi terhadap Wajib Pajak (WP), imbuhnya. (why)

Loading

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *