UMJ Jaring Potensi Pelajar Melalui Festival Ramadhan

  • Bagikan

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPPAIK UMJ) menyelenggarakan Festival Ramadhan 1443 H yang diikuti para pelajar se-Jabodetabek. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 18 dan 19 April 2022. (Dok. UMJ)

Jakarta, asatuonline.id- Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPPAIK UMJ) menyelenggarakan Festival Ramadhan 1443 H dari 18 hingga 19 April 2022 dengan tujuan menjaring potensi dan bakat para siswa SMA dan yang sederajat.

Siaran pers Humas UMJ, Jumat (22/4/2022) menyebutkan, Festival Ramadhan yang dibuka Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod itu diikuti 23 SMA dan yang sederajat se-Jabodetabek serta dilaksanakan dengan beberapa kegiatan yaitu lomba pidato Bahasa Arab, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), dan Cerdas Cermat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara rutin setiap bulan suci Ramadhan, dan khusus Ramadhan tahun ini diikuti oleh 22 peserta untuk lomba pidato Bahasa Arab, 17 peserta untuk lomba MTQ, 29 peserta untuk lomba MHQ kategori 3 juz, dan 7 peserta untuk kategori 10 Juz, serta 9 grup peserta untuk lomba Cerdas Cermat.

Adapun pengumuman para pemenang lomba dan pemberian hadiah dilakukan pada momen buka puasa bersama Rektor dan civitas akademika UMJ pada Kamis 21 April 2022.

Dalam sambutannya, Ketua LPPAIK UMJ Dr. Saiful Bahri mengucapkan rasa syukur atas kegiatan positif yang dilakukan UMJ di bulan Ramadhan 1443 H, karena berarti perguruan tinggi tersebut dapat menghidupkan syiar Islam berupa kompetisi dalam kebaikan pada bulan suci ini.

Kegiatan Festival Ramadhan, menurut dia, juga sesuai dengan visi UMJ, yakni membangun kehidupan kampus yang Islami, selain juga sebagai ajang perkenalan antara UMJ dan para siswa dengan harapan para siswa nantinya bisa melanjutkan pendidikan di UMJ.

Festival Ramadhan 1443 H menunjukkan bahwa UMJ berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa, sehingga pada generasi yang akan datang tertanam nilai-nilai kebaikan dan mereka diharapkan menjadi pribadi kontributif yang siap memajukan bangsa serta bisa berkompetisi secara positif di dunia global.

Sementara itu Rektor UMJ menyatakan, Ramadhan bukan bulannya orang malas, tapi justru bulan untuk beraktivitas. Rektor menaruh harapan agar kegiatan dan kualitas Festival Ramadhan dapat ditingkatkan serta bisa menjadi agenda rutin setiap tahun.

Menurut Dr. Ma’mun Murod, tahun depan penyisihan berbagai lomba dalam rangka Festival Ramadhan diharapkan dapat dilakukan secara online serta bisa dilaksanakan dengan peserta yang lebih banyak bahkan secara nasional.

Festival Ramadhan, lanjutnya, juga dimaksudkan untuk menjaring bakat yang dimiliki para siswa SMA atau yang sederajat, dan festival tersebut akan menghasilkan banyak kader.

Sementara itu Humas UMJ Daniel Handoko menginformasikan, para juara lomba dalam Festival Ramadhan 1443 H untuk kategori MTQ secara berturut-turut adalah Muhammad Fahriza Hermawan (SMK 18 Jakarta), Lutfian Alingga (SMK Muhammadiyah 01 Cipondoh), dan M Akbar Rahayaan (Ponpes Baitul Qur’an Depok).

Khusus untuk kategori Musabaqoh dan Hifzil Quran 10 Juz, juaranya secara berturut-turut adalah Muhammad Tamir Nasution (SMAIT Darul Quran Bogor), Moh. Harun Ar Rosyid Musa (Ponpes Baitul Quran Depok), dan Wildan Padli Mubarok (Madrasah Aliyah As-Sakinah).

Adapun juara kategori Hifzil Quran 3 Juz secara berturut-turut adalah Uqinu Attaqi (SMAIT Darul Quran Bogor), Izzat Isa Ismail (Madrasah Aliyah Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia, Filial MAN 4 Jakarta), dan Diah Nailawati (SMA Muhammadiyah 4 Depok).

Sementara kategori Pidato Bahasa Arab, juaranya secara bertutrut-turut Nur Hikmah (Madrasah Aliyah As-Sakinah), Niken Aliefia Putri Antoro (Maskanul Huffadz), dan Rifki Firmansyah (Ponpes Baitul Quran Depok).

Khusus lomba Cerdas Cermat Keislaman, juaranya adalah Elsa Salsabila, Mahda Okta Az-Zahra, Siti Karmila Wati Nur Syimah (grup Madrasah Aliyah Muallimien Muhammadiyah).

Berikutnya adalah Mutiara Isnovya, Aisyah Muthmainnah Alamsyah, Alya Azka Hanifa (grup Madrasah Aliyah Al Azhar Asy-Syarif Indonesia Filial MAN 4 Jakarta), kemudian Afdal Muhammad Zacky, Ivy Vercillia, Malik Maulana (grup SMK Muhammadiyah 01 Ciputat). (red)

 59 total views

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *