Pj Gubernur Banten Berkuasa 2,5 Tahun Lebih, Muncul 4 Nama Kuat 

  • Bagikan
banner 468x60

BANTEN, Asatuonline.id -Penjabat atau Pj Gubernur Banten makin mencuat, jelang berakhirnya Wahidin Halim dan Andika Hazrumy (WH-Andika).

WH-Andika akan berakhir pada 12 Mei 2022, kemudian posisinya akan digantikan Pj Gubernur Banten sampai terpilih dan dilantiknya hasil Pilkada Serentak 2024.

banner 336x280

Dengan jadwal Pilkada pada dalam Pemilu Serentak 2024 yang digelar sekitar 27 November, maka Pj Gubernur Banten berkuasa lebih dari 2,5 tahun.

Pemilu 2024 yang menyerentakan Pilpres, Pileg, dan Pilkada dalam tahun yang sama dan hanya berbeda bulan, menimbulkan kekosongan posisi kepala daerah definitif dalam waktu cukup lama.

Salah satu daerah yang akan diisi Penjabat Gubernur dalam waktu lama, salah satunya adalah Banten yang bisa mencapai lebih dari 2,5 tahun.

Kondisi itu merupakan konsekuensi dari Pasal 201 ayat (9) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 atau Undang-undang Pilkada.

Dalam pasal tersebut, diatur soal pengisian jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berakhir masa jabatannya pada 2022 dan 2023.

Untuk tingkat provinsi diangkat Pj gubernur, dan kabupaten kota diangkat Pj Bupati, dan Pj Walikota.

Mereka akan berkuasa sampai dengan terpilihnya kepala daerah dan wakil kepala daerah melalui pemilihan serentak nasional pada 2024.

Untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur, diangkat penjabat Gubernur yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya.

Dalam penjelasan di Pasal 201 ayat (9) UU Pilkada, menyebut bahwa penjabat kepala daerah masa jabatannya 1 tahun dan dapat diperpanjang satu tahun. Baik oleh berikut orang yang sama, atau pun dengan orang yang berbeda.

Lalu siapa Pj Gubernur Banten yang akan berkuasa lebih dari 2,5 tahun, juga mulai mencuat.

Dari empat nama yang beredar, dikabarkan mengerucut pada nama- nama yakni Juri Ardiantoro , Akmal Malik, H Budi Setiawan, Dimyati Natakusumah

Untuk diketahui, Juri Ardiantoro adalah adalah Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik.

Akmal Malik adalah merupakan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dimyati Natakusumah adalah Anggota DPR RI Komisi 3 dan pernah 2 kali menjabat sebagai Bupati di Pandeglang Banten

Sedangkan Brigjen Pol(P) Drs H.Budi Setiawan MM adalah Mantan Karo Multi Media Div Humas Polri yang sekarang Aktif di DPP Partai Gerindra Menurut Ketua Umum Paquron Jalak Banten Nusantara ( PJBN) Kyai Haji Tubagus Sangadiah menyampaikan amanah bagi siapa pun yang nanti menjabat sebagai Pj Gubernur Banten harus bisa membangun banten yang religius dan bermartabat bebas dari Korupsi dan Nepotisme dan ini semua ada bisa diharapkan kepada sosok diri Budi Setiawan yang kenyang pengalaman bertugas di Baintelkam Polri

Sementara itu juga menurut tokoh ulama banten Banten KH Abuya Muhtadi Dimyati selaku kyai sepuh yang dituakan di pandeglang banten juga menyampaikan bahwa sosok dari diri H Budi Setiawan sudah sangat tidak diragukan lagi , untuk ketokohan dan tawadu kepada ulama dan beliau sangat intens merajut tali silaturahmi selama 2 tahun menjabat di dibanten yang ada didalam diri nya adalah harus bisa membangun dan memotivasi semua elemen masyarakat di Banten menjadi semakin baik sekaligus menjadikan banten sebagai mercu suar dunia dalam bidang pembangunan ahlak dan moral yang cinta terhadap budaya dan agama

“Sosok dari Brigjen Pol Pur Drs H Budi Setiawan adalah putra asli banten yang hijarah orang tua nya bertugas di TNI dan berdomisili dicikampek jawa barat , selama bertugas dibanten beliau sangat dekat dengan jajaran ulama ,tokoh masyarakat, ormas dan pendekar beliau pasti sangat Mampu berkomunikasi dengan berbagai etnik yang ada di Banten,” ungkap KH. Tubagus A Syad’zili yang juga Ketua Umum Zuriat Kesultanan Banten pada Sabtu, 12 Maret 2022.

Selain itu, menjaga kemajemukan yg merupakan warisan dari para ulama dan pada pendahulu Karuhun Banten.

Apalagi, menurut agenda utama yang menjadi tugas Pj Gubernur Banten adalah mengantarkan Pemilu Serentak 2024 berjalan baik..(***)

 172 total views

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.