Berdasarkan Edaran Dirjen Dukcapil, Begini Kata Kadis Dukcapil Bangka

  • Bagikan
banner 468x60

Bangka, Asatu Online – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka menjelaskan berdasarkan peraturan presiden (Perpres) nomor 96 tahun 2018 dan Permendagri 108 tahun 2019 untuk penerbitan Kartu Keluarga (KK) bagi warga yang berstatus Single atau Lajang bisa di terbitkan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kadis Dukcapil Kabupaten Bangka, Muhtar, saat dikonfirmasi Asatu Online diruang kerjanya terkait informasi tersebut pada, Senin (7/3).

banner 336x280

Ia menerangkan, memang benar edaran dari Dirjen Dukcapil sesuai dengan Peraturan Presiden No. 96 Tahun 2018 dan Permendagri No. 108 Tahun 2019 pisah KK bisa dilaksanakan dengan syarat sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah.

“Jadi bisa dilakukan pisah KK dengan orang tuanya. Contohnya anaknya sedang kuliah, orang tuanya di Bangka, anaknya di Yogyakarta, maka diperbolehkan untuk pisah KK,” jelas Muhtar.

Dijelaskannya, untuk di Bangka sudah pernah diterapkan. Dilapangan juga lancar, jadi kalau ada warga datang ke Dukcapil akan segera di proses kalau sudah ada bukti persyaratannya, seperti KTP, kalau pindahnya luar Bangka, maka akan di proses pindah jiwanya.

“Misalnya ada suami istri sudah berkeluarga, otomatis pisah dengan KK keluarganya dibuktikan dengan buku nikahnya. Kalau misal di pertengahan jalan mereka berpisah maka suami istri bisa pisah KK nya dengan bukti cerainya tersebut. Untuk pemecahan KK harus dilampirkan KK induk dengan buktinya juga,” kata Muhtar.

Ia menambahkan, Untuk proses perekaman KTP di Kecamatan, seperti di Kecamatan Belinyu sudah ada alatnya, cuma pihaknya lagi menghubungi Dirjen Dukcapil untuk mengaktifkan kartu simcardnya. Setelah diaktifkan baru pasang di Belinyu.

“Rencananya besok baru kami aktifkan di Kecamatan Belinyu. Baru satu alat kita, itu juga berupa bantuan hibah dari Dirjen Dukcapil.
Jadi memang kita sudah ada aturan bisa dilakukan pisah KK kalau sesuai syaratnya seperti sudah berumur 17 tahun dan sudah menikah dengan membawa syarat-syaratnya. Syaratnya harus punya KTP, artinya sudah berumur 17 tahun,” pungkasnya. (Sari)

 154 total views

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.